Promo

Produk

Jangkauan

FAQ

Blog
aplikasi manajemen waktu xl home provider internet rumah keluarga super cepat

Coba 8 Aplikasi Manajemen Waktu untuk Penulis Freelance

Waktu adalah uang. Jadi, disiplinkan waktumu sebagai seorang penulis freelance untuk memaksimalkan perolehan pundi-pundi rupiah. Karena itu, kamu membutuhkan aplikasi manajemen waktu sebagai alat bantu untuk menunjang kinerja dan produktivitas kerja.

Sebanyak apapun waktu luang yang dimiliki, pekerjaan akan terbengkalai jika kamu tidak menerapkan manajemen waktu yang baik. Dengan menggunakan app manajemen waktu, kamu bisa mengelola timeline dan deadline pekerjaan secara lebih maksimal.

8 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Penulis Freelance

Penggunaan aplikasi untuk manajemen waktu sangat penting agar kamu bisa mengontrol siklus kerja individual secara lebih efektif, efisien, dan profesional. Dengan fitur lengkap dan tampilan menarik, berikut ini 8 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan:

1. Bonsai

Bagi penulis freelance yang bekerja secara individu, Bonsai adalah aplikasi time tracking yang sesuai. Selain via aplikasi smartphone, kamu juga bisa mengakses Bonsai melalui website.

Contoh fitur unggulannya yaitu integrasi dengan kontrak dan proposal, agar dokumen kerja dapat terpantau. Selain itu, kamu bisa mengotomasi proses invoicing melalui fitur invoice.

2. Clockify

Rekomendasi aplikasi time management selanjutnya adalah Clockify. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis, sehingga sangat cocok bagi freelancer individual yang bekerja sendiri tanpa bergabung ke korporasi tertentu.

Dengan Clockify, kamu bisa memperoleh breakdown waktu secara visual maupun tertulis melalui fitur laporan mingguan. Menariknya, Clockify juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi project management.

3. Toggl

Selanjutnya ada Toggl, aplikasi time management yang cocok bagi penulis freelance individual maupun tim. Keunggulan dari Toggl adalah tampilan dan operasional yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.

Contoh fitur unggulannya yaitu manajemen timesheet otomatis dan laporan terjadwal via email. Kamu juga bisa menjabarkan data manajemen waktu kerja melalui laporan secara mendetail.

4. RescueTime

Selain Toggl, pilihan aplikasi lainnya yang cocok untuk seluruh model kerja penulis freelance adalah RescueTime. Kamu bisa melihat data manajemen waktu melalui dashboard secara daily, weekly, dan seterusnya.

Aplikasi ini tersedia untuk Android, iOS, Windows, Mac, hingga Linux, dan dapat diakses secara multi-perangkat. Terdapat pula fitur-fitur menarik seperti Distraction Management, Privacy Features, Real-time Notifications, dan lain sebagainya.

5. Harvest

Berikutnya ada Harvest, aplikasi manajemen waktu yang memungkinkan penulis freelance untuk memantau waktu dan invoicing secara online. Seperti kebanyakan app manajemen waktu dan proyek kerja, Harvest sudah dilengkapi fitur laporan berkala.

Laporan manajemen waktu dan beban kerja tersebut disajikan dalam bentuk visual, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Menariknya, Harvest dapat diintegrasikan dengan lebih dari 100 aplikasi manajemen proyek kerja.

6. Tick

Tick adalah pilihan aplikasi time tracking yang memiliki tampilan detail namun ringkas, sangat straightforward. Salah satu fitur unggulannya adalah Running Timers yang memudahkan freelancer untuk melakukan multitasking.

Terdapat pula fitur Timecard yang akan memberikan feedback atau umpan balik tentang sisa waktu yang kamu miliki untuk suatu pekerjaan. Selain itu, kamu bisa menggunakannya via aplikasi berbasis smartphone, desktop, hingga ekstensi Chrome.

7. Everhour

Jika butuh software yang multifungsi, Everhour adalah pilihannya. Dengan Everhour, kamu bisa melakukan time tracking, scheduling, hingga budgeting. Dashboard-nya juga memiliki tampilan visual yang sederhana namun lengkap dan menarik.

Kamu bisa mengintegrasikan  Everhour dengan berbagai tools project management pilihanmu. Contoh fitur unggulannya yaitu Task Management, Resource Planning, Time Tracking, dan banyak lagi.

8. Timely

Untuk menjaga produktivitas kerja tetap tinggi, Timely bisa menjadi opsi. Timely memungkinkan penggunanya untuk mencatat waktu yang dihabiskan pada berbagai aplikasi kerja untuk menciptakan timesheets yang akurat secara otomatis.

Bagi freelancer yang harus mengelola berbagai pekerjaan sendirian, Timely adalah pilihan aplikasi terbaik. Salah satu fitur terbaiknya adalah Task Planning yang memudahkan kamu mengelola jadwal pekerjaan melalui sistem drag and drop.

Tips Manajemen Waktu untuk Penulis Freelance

Supaya efisiensi pekerjaan semakin meningkat, terdapat beberapa hal terkait manajemen waktu yang perlu diterapkan oleh para penulis freelance. Berikut rincian tipsnya:

  • Tentukan tujuan dan target (goals) yang ingin dicapai sebelum menulis
  • Tentukan skala prioritas terkait pekerjaan mana yang harus didahulukan
  • Buat to-do-list harian agar pekerjaan tetap terkontrol
  • Hindari potensi sumber distraksi, misalnya media sosial
  • Jangan menunda pekerjaan yang bisa dikerjakan saat itu juga
  • Luangkan waktu istirahat agar tidak suntuk dan tidak mengalami writer’s block

Ternyata, ada beragam cara supaya kamu bisa produktif setiap hari. Contoh paling mudah yaitu dengan menggunakan rekomendasi aplikasi time management serta menerapkan 6 tips di atas.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Project Management

Selain itu, tips terakhir yang tidak kalah penting adalah pastikan koneksi internetmu selalu lancar, agar kamu bisa mengakses aplikasi manajemen waktu kapan saja. Dengan konektivitas cepat dan anti lelet, kamu bisa menggunakan XL Satu Fiber dan XL Home Fiber sebagai provider Wifi terbaik untuk menghemat waktu sebagai penulis freelance.

COOKIES
Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda menelusuri situs kami, untuk merekomendasikan produk yang sesuai, dan untuk menampilkan iklan yang relevan. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait cookie, silakan merujuk pada kebijakan privasi kami.
SAYA SETUJU